Imigrasi Blitar Mendetensi Seorang Warga Negara Taiwan Yang Melebihi Izin Tinggal

Pada tanggal 14 Juli 2017 pihak Kantor Imigrasi Kelas II Blitar menerima laporan dari petugas loket perihal adanya 1 (satu) Warga Negara Asing yang menanyakan mengenai izin tinggal kunjungan yang dimilikinya. Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap dokumen Warga Negara Asing tersebut ditemukan adanya pelanggaran keimigrasian berupa melebihi izin tinggalnya.

Berdasarkan pemeriksaan tersebut, pada hari Jumat tanggal 14 Juli 2017 Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Blitar memerintahkan Kasi Wasdakim untuk mengamankan 1 (Satu) Warga Negara Asing asal Taiwan tersebut. Perempuan berinisial SN asal Taiwan tersebut sebelumnya adalah Warga Negara Indonesia (WNI) namun bekerja sebagai TKI di Taiwan sejak tahun 1997 dan menikah dengan seorang Warga Negara Taiwan pada tahun 2000 dan telah memiliki satu orang anak berkewarganegaraan Taiwan. Semenjak tahun 2010 SN telah menjadi Warga Negara Taiwan.

SN diketahui masuk Indonesia melalui bandara Juanda Surabaya dengan menggunakan Visa On Arrival tanggal 19 Oktober 2016 dan terhitung sejak tanggal 14 Juli 2017 SN sudah melewati Izin Tinggalnya (Overstay) selama 239 hari.

Atas peristiwa ini yang bersangkutan telah melanggar pasal 78 ayat 2 UU No.6 tahun 2011 tentang Keimigrasian dimana yang bersangkutan telah melebihi izin tinggalnya selama lebih dari 60 (enam puluh) hari dan terhadap pelanggaran ini pihak imigrasi berwenang melakukan Tindakan Administratif Keimigrasian berupa deportasi ke Negara asal serta namanya dicantumkan dalam daftar penangkalan.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz