Tugas dan Fungsi

Tugas
Kantor Imigrasi Kelas II Blitar mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas pokok dan fungsi Kementerian Hukum dan HAM di bidang Keimigrasian khususnya di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas II Blitar.

Fungsi
1. melaksanakan tugas Keimigrasian dibidang Informasi dan Sarana Komunikasi Keimigrasian;
2. melaksanakan tugas Keimigrasian dibidang Lalu lintas Keimigrasian;
3. melaksanakan tugas Keimigrasian dibidang Status Keimigrasian;
4. melaksanakan tugas Keimigrasian dibidang Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian.

Kepala Kantor Imigrasi
Tugas Pokok
Mengkoordinasikan pelaksanaan di bidang Keimigrasian meliputi informasi dan sarana komunikasi, lintas antar negara dan perizinan, pengendalian status serta melakukan pengawasan dan penindakan terhadap mereka yang melanggar ketentuan keimigrasian berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam rangka tertibnya pelaksanaan tugas di bidang Keimigrasian.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha
Tugas Pokok :
Mengkoordinasikan penyelenggaraan Tata Usaha dan Rumah Tangga Kantor Imigrasi Kelas II yang antara lain meliputi urusan surat menyurat, kepegawaian, keuangan, perlengkapan dan rumah tangga serta memberikan pelayanan administrasi di lingkungan Kantor Imigrasi Kelas II sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kepala Urusan Keuangan
Tugas Pokok :
Melaksanakan urusan keuangan yang meliputi anggaran belanja rutin dan pembangunan di lingkungan kantor sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kepala Urusan Kepegawaian
Tugas Pokok :
Melaksanakan urusan kepegawaian yang meliputi formasi mutasi, pemberhentian dan pemensiunan di lingkungan kantor sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kepala Urusan Umum
Tugas Pokok :
Melaksanakan urusan umum yang meliputi surat menyurat, perlengkapan dan rumah tangga di lingkungan kantor sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kepala Seksi Lalu Lintas dan Status Keimigrasian
Tugas Pokok :
Melakukan kegiatan keimigrasian yang meliputi pemberian perlintasan, pemberian pemohonan dokumen perjalanan izin berangkat / kembali bagi warga negara asing atau warga negara Indonesia serta kegiatan dalam hal perjalanan, pendaratan, urusan haji, pengiriman tenaga kerja Indonesia ke luar negeri, pengurusan anak kapal dan izin masuk darurat sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam rangka menunjang kelancaran pelayanan keimigrasian.

Kepala Sub Seksi Status Keimigrasian
Tugas Pokok :
Melakukan pemberian dan perpanjangan izin tinggal, izin berangkat dan izin kembali bagi WNA sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku guna tertibnya WNA yang keluar maupun masuk negara Indonesia.

Kepala Sub Seksi Lalu Lintas Keimigrasian
Tugas Pokok :
Memberikan pemberian dokumen perjalanan bagi Warga Negara Indonesia yang hendak melakukan perjalanan keluar wilayah Indonesia sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian
Tugas Pokok :
Melakukan pengawasan dan penindakan serta penanggulangan terhadap WNA dan pemukim gelap yang melanggar ketentuan Keimigrasian di lingkungan kantor sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam rangka menertibkan WNA yang masuk ke wilayah Republik Indonesia.

Kepala Sub Seksi Penindakan Keimigrasian
Tugas Pokok :
Melakukan penyidikan dan penindakan, pencegahan dan penangkalan, penampungan sementara orang asing yang melakukan pelanggaran Keimigrasian berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kepala Sub Seksi Pengawasan Keimigrasian
Tugas Pokok :
Melakukan pengawasan terhadap WNA yang masuk ke wilayah Republik Indonesia maupun WNI yang akan berpergian ke luar negeri serta mengadakan kerja sama antar instansi yang ada kaitannya dalam bidang pengawasan orang asing berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kepala Seksi Informasi dan Sarana Komunikasi Keimigrasian
Tugas Pokok :
Melakukan pengumpulan, pengolahan serta penyajian data informasi dan penyebarannya untuk penyidikan keimigrasian serta melakukan pemeliharaan dokumentasi keimigrasian sesuai dengan ketentuan yang berlaku guna kelancaran pelaksanaan tugas Seksi Informasi dan Sarana Komunikasi Keimigrasian.

Kepala Sub Seksi Informasi
Tugas Pokok :
Melakukan penyebaran dan pemantauan informasi mengenai WNI yang berangkat ke luar negeri dan orang asing yang masuk ke Indonesia dalam rangka pengamanan teknis keimigrasian.

Kepala Sub Seksi Komunikasi
Tugas Pokok :
Melakukan pemeliharaan dan pengamanan dokumentasi keimigrasian serta menggunakan sarana komunikasi keimigrasian dalam rangka pelaksanaan tugas.